Layanan
purna jual adalah jasa yang ditawarkan oleh produsen kepada konsumennya setelah
transaksi penjualan dilakukan sebagai jaminan mutu untuk produk yang
ditawarkannya. Layanan purna jual tidak terbatas hanya pada produk konkret.
Produk abstrak seperti pendidikan pun terkadang memiliki layanan purna jual di
mana mahasiswa dijanjikan untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus.
Tujuan layanan purna jual
Layanan
purna jual yang diberikan oleh perusahaan mempunyai tujuan sebagai berikut:
1. Menjaga minat konsumen atau calon konsumen
dan memperluas sikap positif dari keunggulan produk yang telah dijanjikan.
2. Menumbuhkan kepuasan, kekaguman,
rekomendasi, dan pembelian ulang.
3. Menciptakan kepercayaan, keyakinan diri,
dan reputasi.
4. Mengungakapkan generasi dengan persyaratan
termasuk penjelasan tentang suku cadang (bila ada) secara terbuka.
Antusias dan keramahan adalah kualitas
utama layanan kepada konsumen. Kalian harus tetap hangat, bersahabat, dan
tanggap. Perlihatkan bahwa kalian senang berbicara dengan mereka. Konsumen
kadang-kadang tidak tidak gembira karena produk yang mereka beli mengalami
kerusakan dan mereka kecewa. Selain itu, konsumen juga akan marah apabila
menjumpai keadaan berikut ini :
1. Kalian menelepon terlalu lama sedangkan
konsumen sudah menunggu terlalu lama.
2. Terus berbicara dengan konsumen lainnya.
3. Kalian berkata kepada konsumen bahwa “ini tidak dapat dikerjakan”.
4. Menjawab “saya tidak tahu” atas pertanyaan konsumen.
5. Kalian tidak memperhatikan sungguh-sungguh
masalah mereka.
Sumber
:
Melakasanakan Pelayanan prima (Service Excellent).Bekasi:PT GALAXY
PUSPA MEGA,2009
No comments:
Post a Comment