Higiene merupakan usaha kesehatan secara
preventif yang bersifat lebih luas dari sanitasi. Ruang lingkup higiene
meliputi personal, lingkungan tempat kerja, dan makanan.
A.
Higiene personal
Higiene
personal adalah usaha yang dilakukan untuk memelihara dan mempertinggi derajat
kesehatan diri sendiri. Higiene personal merupakan cerminan kebersihan dari
setiap individu yang mengarah kepada kebiasaan-kebiasaan dan kebersihan diri.
1. Kebersihan
badan
Higiene
personal untuk badan dapat dijaga dengan melakkan beberapa hal berikut ini :
·
Madilah minimal 2 kali daam sehari
·
Cucilah rambut minimal 2 kali sehari
·
Potonglah kuku tangan dan kaki secara
teratur
·
Menggosok gigi setiap pagi da malam,
serta sehabis makan
·
Selalu menjaga kebersihan tangan dengan
mencuci tangan sebelum menyentuh makanan
2. Kebersihan
pakaian
Pilihlah
pakaian yang mampu menyerap keringatdan nyaman dipakai. Syarat pakaian yang
baik adalah :
·
Dapat menyerap keringat dengan baik
·
Ringan dan nyaman
·
Kuat
·
Mudah dicuci
·
Berwarna putih bersih dan terang (jika
berwarna putih)
Jagalah
pakaian agar selalu bersih. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian
perhatikan dalam hal berpakaian:
1. Hindari
memakai pakaian basah dan pakaian berkeringat
2. Cucilah
pakaian kerja secara teratur dan bersih
3. Pakaian
kerja yang bersih dan lengkap harus selalu digunakan selama bekerja
4. Pakaian
kerja harus rapih dan bersih
B.
Higiene lingkungan dan perusahaan
Higiene tempat kerja merupakan usaha
preventif terhadap penularan penyakit dengan menjaga kebersihan area kerja.
Slogan ini mungkin terdengar klise karena terpampang dimana-mana. Selama
dikantor, jagalah kebersihan dan kerapian. Jangan biarkan sisa makanan, apalagi
yang manis atau berbau amis menempel di meja kerja, karena akan mengundang bau
tak sedap dan kerumunan lalat.
Bungkus-bungkus bekas makanan sebaikanya
jangan ditinggalkan terlalu lama apalagi menginap di tempat sampah. Meski ada
petugas kebersihan, tak ada salahnya jika kalian sendiri turun tangan
membersihkan meja kerja. Meja kerja yang rapi dan bersih pasti akan membuat
kalian nyaman sekaligus meningkatkan semangat kerja.
Saat didapur, taruhlah piring atau
cangkir kotor di tempatnya. Billa kebetulan tak ada petugas khusus, bersihkan kembali peralatan kantor
yang telah kalian gunakan. Jangan menggunakan peralatan kantor untuk keperluan
pribadi. Kalaupun terpaksa menggunakannya jangan lupa membersihkan kembali dan
menaruhnya ditempat semula. Jangan
sesekali meninggalkan makanan dan minuman bekas kalian dikulkas.
Ketika berada di toilet, siram secukupnya
sampai tak lagi tercuim bau tak sedap. Buanglah tisu di tempatnya dan jangan
biarkan berserakan di sekitar toilet. Bayangkan betapa jengkelnya kalian kalau
orang yang masuk sebelum kalian tak melakukan hal serupa bukan? Nah, mulailah
dengan diri kalian sendiri.
Sumber
:
Melakasanakan Pelayanan prima (Service Excellent).Bekasi:PT GALAXY
PUSPA MEGA,2009
No comments:
Post a Comment