Tuesday, February 3, 2015

MELAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA (Service Excellent) : HIGIENE



     Higiene merupakan usaha kesehatan secara preventif yang bersifat lebih luas dari sanitasi. Ruang lingkup higiene meliputi personal, lingkungan tempat kerja, dan makanan.
A.        Higiene personal
Higiene personal adalah usaha yang dilakukan untuk memelihara dan mempertinggi derajat kesehatan diri sendiri. Higiene personal merupakan cerminan kebersihan dari setiap individu yang mengarah kepada kebiasaan-kebiasaan dan kebersihan diri.
1.     Kebersihan badan
Higiene personal untuk badan dapat dijaga dengan melakkan beberapa hal berikut ini :
·           Madilah minimal 2 kali daam sehari
·           Cucilah rambut minimal 2 kali sehari
·           Potonglah kuku tangan dan kaki secara teratur
·           Menggosok gigi setiap pagi da malam, serta sehabis makan
·           Selalu menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan sebelum menyentuh makanan
2.    Kebersihan pakaian
Pilihlah pakaian yang mampu menyerap keringatdan nyaman dipakai. Syarat pakaian yang baik adalah :
·           Dapat menyerap keringat dengan baik
·           Ringan dan nyaman
·           Kuat
·           Mudah dicuci
·           Berwarna putih bersih dan terang (jika berwarna putih)
Jagalah pakaian agar selalu bersih. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam hal berpakaian:
1.     Hindari memakai pakaian basah dan pakaian berkeringat
2.    Cucilah pakaian kerja secara teratur dan bersih
3.    Pakaian kerja yang bersih dan lengkap harus selalu digunakan selama bekerja
4.    Pakaian kerja harus rapih dan bersih

B.         Higiene lingkungan dan perusahaan
       Higiene tempat kerja merupakan usaha preventif terhadap penularan penyakit dengan menjaga kebersihan area kerja. Slogan ini mungkin terdengar klise karena terpampang dimana-mana. Selama dikantor, jagalah kebersihan dan kerapian. Jangan biarkan sisa makanan, apalagi yang manis atau berbau amis menempel di meja kerja, karena akan mengundang bau tak sedap dan kerumunan lalat.
       Bungkus-bungkus bekas makanan sebaikanya jangan ditinggalkan terlalu lama apalagi menginap di tempat sampah. Meski ada petugas kebersihan, tak ada salahnya jika kalian sendiri turun tangan membersihkan meja kerja. Meja kerja yang rapi dan bersih pasti akan membuat kalian nyaman sekaligus meningkatkan semangat kerja.
       Saat didapur, taruhlah piring atau cangkir kotor di tempatnya. Billa kebetulan tak ada petugas  khusus, bersihkan kembali peralatan kantor yang telah kalian gunakan. Jangan menggunakan peralatan kantor untuk keperluan pribadi. Kalaupun terpaksa menggunakannya jangan lupa membersihkan kembali dan menaruhnya ditempat semula.  Jangan sesekali meninggalkan makanan dan minuman bekas kalian dikulkas.
       Ketika berada di toilet, siram secukupnya sampai tak lagi tercuim bau tak sedap. Buanglah tisu di tempatnya dan jangan biarkan berserakan di sekitar toilet. Bayangkan betapa jengkelnya kalian kalau orang yang masuk sebelum kalian tak melakukan hal serupa bukan? Nah, mulailah dengan diri kalian sendiri.

Sumber :
Melakasanakan Pelayanan prima (Service Excellent).Bekasi:PT GALAXY PUSPA MEGA,2009

No comments:

Post a Comment