Tuesday, February 3, 2015

TINJAUAN TENTANG ILMU BUDAYA DASAR




A.   Istilah ilmu budaya dasar dikembangkan pertama kali di Indonesia sebagai pengganti istilah Basic Humanities yang berasal dari istilah bahasa Inggris The Humanities berkaitan dengan nilai-nilai yaitu manusia sebagai homo humanus atau manisia berbudaya. The Humanities dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup disiplin seni dan filsafat. The Humanities berusaha untuk memanusiawikan manusia manksudnya menusia itu mengerti dan memahami budaya yang melingkupinya.
B.    Tujuan ilmu budaya dasar adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pwmikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap masalah-masalah budaya sehingga daya tangkap, persepei dan penalaran mengenai lingkungan budaya manusia dapat menjadi lebih halus dan manusiawi. Mahasiswa diharapkan dapat mempertajam kepekaan terhadap lingkungan budaya, sehingga lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya  terutama untuk kepentingan profesi.
C.    Ilmu budaya dasar didefinisikan sebagai usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
D.   Ilmu budaya dasar sebagai salah satu komponen MKDU yang secara khusus bertujuan untuk menghasilkan warga nwgara sarjana Indonesia dengan kualifikasi seperti berjiwa Pancasila sehingga segala keputusan serta tindakannya mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dan memiliki integritas kepribadian yang tinggi, yang mendahulukan kepentingan nasional sebagai sarjana Indonesia.
E.    Masalah budaya adalah masalah mengenai sistem nilai budya. Masalah kemanusiaan adalah masalah mengenai akibat negatif dari perubhn sistem nilai budaya.
F.    Menurut Prof. Dr. Harsya Bacthiar bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu : ilmu-ilmu alamiah (natural science), ilmu-ilmu sosial (social science), dan pengetahuan budaya (the humanities).

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

1.     Manusia itu terdiri dari 4 unsur yang saling terkait yaitu :
a.    Jasad (badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba dan difoto dan menempati ruang dan waktu)
b.    Hayat (mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerakan)
c.    Ruh (bimbingan dan pimpinan tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaranya, sesuatu mencipta yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan)
d.    Nafs (pengertian diri atau keakuan yaitu kesadaran tentang diri sendiri)
2.    Manusia sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur yaitu :
a.    Id (merupakan struktur kepribadian yang paling krimitif dan paling tidak nampak).
b.    Ego (merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dengan id). Sering kali disebut sebagai kepribadian eksekutif karena peranya dalam menghubungkan id kedalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
c.    Superego (merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia 5 tahun).
3.    Hakekat manusia
a.    Makhluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
b.    Makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna jika dibandingkan dengan makhluk lainnya. Manusia dilengkapi dengan akal, perasaan, dan kehendak yang terdapat dalam jiwa manusia.
c.    Makhluk biokultural yaitu makhluk hayati yang budayawi.
d.    Makhluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan (ekoiogi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuannya bekerja dan berkarya.
4.    Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta, berasal dari kata budhayah yang berarti akal dan budi.
5.    Menurut E.B Taylor, kebudayaan adalah komleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan kemampuan-kemampuan lainnya serta kebiasaan-kebiasaan yang di dapat oleh menusia sebagai anggita manusia.
6.    Menurut Selo Sumarjan kebudayaan adalah semua hasil karya, asa, dan cipta masyarakat.
7.    Kebudayaan menurut Koentjaraningrat adalah keseluruhan gagasan dari karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.
8.    Unsur-unsur dalam kebudayaan menurut Malville J. Herkovits yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, dan kekuatan politik.
9.    Unsur-unsur kebudayaan universal menurut C. Kluckhon yaitu sistemreligi (sistem kepercayaan)/ homoreligieus, organisasi kemasyarakatan (homo socius), sistem pengetahuan (homo sapiens), sistem mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi (homo economicus), sistem teknologi dan peralatan (homo faber), bahasa (homo longuens), kesenian (homo aesteticus).
10.  Kebudayaan menurut wujudnya adalah kompleks gagasan, kolplek aktifits dan wujud sebagai benda.
11.  Perubahan kebudayaan terjadi disebabkan oleh beberapa hal :
a.    Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
b.    Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain cenderung untuk berubah lebih cepat.

No comments:

Post a Comment