Thursday, February 5, 2015

GEJALA DIABETES


Gejala-gejala Diabetes
·         Meningkatnya frekuensi buang air kecil termasuk pada malam hari
·         Rasa haus yang berlebih
·         Rasa lapar yang berlebih
·         Merasa lelah dan lelah di sepanjang waktu
·         Menurunya berat badan
·         Luka dan cedera yang sulit sembuh
·         Rasa kebas dan kesemutan pada kaki
·         Infeksi kulit
·         Pengelihatan yang kabur
·         Kulit yang kering atau gatal


Ginjal menyaring sekitar 1.500 liter darah per hari. Ginjal mengeluarkan sejumlah air dan produk buangan dalam bentuk urine serta menyerap sebagian besar darah yang tersaring, termasuk glukosa. Jika darh lebih banyak mengandung glukosa daripada yang dapat diserap oleh ginjal, glukosa ini dekeluarkan bersama urine. Seiring keluarnya glukosa dari dalam tubuh, diperlukan banyak air untuk mempermudah pengalirannya keluar dari tubuh. Meningkatnya air di dalam urine meningkatkan pula frekuensi buang air kecil, yang pada akhirnya meningkatnya rasa haus.

Ketika insulin yang memadai tidak melekat pada reseptor, sel-sel tubuh tidak memperoleh energi apapun. Karenanya sel-sel itu mengirimkan suatu pesan “lapar” ke otak. Otak merespon pesan tersebut dengan memberi kita rasa lapar yang berlebihan. Kendati makn lebih banyak, glukosa yang diperoleh dari makanan tidak dapat digunakan untuk energi karena dilepaskan melalui air kencing.
Secara umum kurangnya energi pada sel-sel mengakibatkan rasa lelah dan lemah. Juga, karena ketiadaan insulin, sel-sel itu tidak bisa memperoleh energi. Karenanya, energi diperoleh dari lemak dan otot-otot. Ketika energi diperoleh dari lemak dan otot-otot, kita akan kehilangan berat badan, bahkan jika kita makan cukup banyak untuk memuaskan rasa lapar kita.

Kelebihan gula darah menekan mekanisme pertahanan alami tubuh. Inilah sebabnya mengapa luka dan cedera akan sangat lama sembuhnya jika terdapat kadar gula yang tinggi didalam darag. Juga, gula adalah makanan yang sangat baik bagi bakteri untuk bertumbuh. Oleh karena itu, infeksi kulit sangat umum terjadi pada penderita diabetes. Kulit, terutama disekitar alat kelamin akan terasa gatal.

Sumber :
Diabetes.dr. Savitri Ramaiah.Jakarta:PT BHUANA ILMU POPULER (Kelompok Gramedia),2006

No comments:

Post a Comment