Tuesday, February 3, 2015

MELAKSANAKAN PELAYANAN PRIMA (Service Excellent) :PRESENTASI PRIBADI


A.     Menjaga standar keamanan penempilan pribadi (grooming)
   Penamilan diri penting artinya bagi seseorang dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi mereka yang bekerja sebagai tenaga pelayan, misalnya pelayan toko atau tenaga penjual. Untuk berpenamilan serasi, resmi, menarik, sopan, luwes, sesuai dengan etika dan tat krama pergaulan kantor, maka kalian perlu mempelajari bagaimana menjadi standar keamanan penampilan pribadi.
   Penampilan merupakan salah satu acuan yang digunakan untuk menilai orang lain. Apalagi jika orang yang ada dihadapi sama sekali tidak kenal, penamilan sering menjadi acuan utama. Dengan melihat bentuk tubuh, wajah, gerak gerik, tata rias, gaya berpakaian atau tata rambut, bisa timbul berbagai kesan mulai dari yang positif sampai yang negatif.
   Kriteria pertama kali betetemu dengna seseorang, kita cenderung melihat fisiknya dan kesan diperoleh dapat mempengaruhi bagaimana interaksi yang akan terjadi di masa yang akan datang. Kadang hanya dari penamilan seseorang, kita bisa mempunyai kesan yang begitu kuat terhadap orang tersebut sampai-sampai kita melupakan kualitas-kualitas lain yang ada pada dirinya.
1.     Jenis pakaian kerja yang aman
Untuk menjaga standar keamanan penampilan pribadi, penggunan pakaian kerja yang sesuai akan mengurangi kemungkinan terjadi kecelakaan atau luka. Berikut ini beberapa tips memilih jenis pakaian kerja yang aman :
·           Pilih bahan dengan teliti, cari bahan yang nyaman dipakai, hindari bahan yang mudah terbakan dan panas dipakai
·           Pilih pakaian yang disesuaikan dengan keadaan jasmani, warna kulit, keperluan, iklim, jensi pekerjaan, serasi, bersih, tidak terlalu sempit dan tidak terlalu longgar, karena akan menggangu gerakan dalam bekerja.
·           Hindari celana panjang yang terlalu panjang dan terlalu lebar di bagian bawah, karena akan mengganggu ketika berjalan, bahkan mudah terkait atau jatuh.
·           Dasi, dapat digunakn untuk pekerjaan yang dilakukan dikantor atau bagian pemasaran barang atau jasa, bukan dipabrik bagian produksi karena juntai dasi dapat tergantung pada benda yang berputar
·           Pilihlah sepatu yang nyaman dipakai, gunakan sepatu untuk mengamankan kaki dari benda jatuh atau benda tajam kecil atau tergelincir pada waktu kerja. Penggunaan jenis sepatu dsesuaikan dengan jenis pekerjaan.
·           Perhiasan atau aksesoris, seperti cincin, kalung, gelang, jam tangan, sebaiknya tidak dipakai pada waktu bekerja didalam bengkel atau ruang prduksi. Benda tersebut mudah sekali terkait oleh peralatan yang berputar atau bergerak pada alat elektrik yang bermagnet. Benda-benda itu mengakibatkan rasa sakit pada waktu tangan atau jari menggunakan peralatan kerja
·           Sarung tangan digunakan untuk membantu pekerjaan yang berhubungan dengan benda-benda panas, tajam atu licin. Sarung tangan juga digunakan sebagai sarana isolator untuk pekerjaan listrik
·           Kacamata, digunaka untuk melindungi mata dari bahaya sinar tajam, serpihan benda kerja dan debu. Gunakan kacamata sesuai dengan jenis pekerjaan

2.    Penampilan pribadi
Selain pakaian dibawah ini terdapat beberapa tips penampilan pribadi yang baik dilakukan :
·           Perawatan tubuh, karena tubuh yang terawat akan memancarkan keindahan, pesona dan kecantikan
·           Kosmetik dibutuhkan untuk pekerja wanita. Gunakan kosmetik seperlunya, jangan terlalu berlebian. Pekerja pria pun perlu kosmetik, agar penampilannya lebih segar dan terawat. Kosmetik pria biasanya berupa deodorant, parfum, dan minyak rambut.
·           Pekerja wanita maupun pria haruslah mengetahui dan menerapkan etika dalam kehidupan. Secara umum seorang pekerja haruslah sabar, jujur, loyal, sopan, penuh inisiatif, ramah, tulus, mematuhi hukim dan norma yang berlaku, baik norma agama maupun norma-norma yang diyakini oleh masyarakat. Tidak suka memuji diri sendiri, mau mendengarkan orang lain, peduli, menghormati pendapat orang lain, memiliki pendirian yang kuat, berfikir objektif dan rasional.
·           Duduk yang baik yaitu dengan dapat mengatur badan sedemikian rupa. Jangan menyadarkan punggung sambil kaki menjulur ke bawah. Khusus untuk wanita, lutut harus selalu berdekatan. Usahakan tidak membungkuk waktu menulis dan duduk. Jangan pula duduk kaku seperti papan, karena akan cepat lelah.
·           Mengangkat dan memindahkan barang, peralatan, maupun macam-macam bahan dengan cara dan posisi yang tidak benar akan mengakibatkan terkilir atau sakit punggung atau anggota badan lainnya. Untuk itu, jika mengangkat benda yng cukup berat usahakan posisi punggung lurus dan pergunakan otot paha sebagai tumpuan. Banyak kecelakaan atau kesakitan dan kelainan pada punggung, yang disebabkan oleh kesalahan pada waktu mengangkat benda dengan posisi yang salah. Dibawah ini terdapat beberapa cara mengangkat barang yang benar, sehingga kalian terhindar dari kecelakaan, antara lain :
a.    Mengangkat dengan punggung yang rata tidak boleh melengkung
b.    Mengangkat dengan posisi miring dan kepala tetap tegak
c.    Mengangkat benda di lantai, mulailah dari bawah dengan posisi jongkok
d.    Sedapat mungkin mengangkat benda dekat dengan badan
e.    Posisi berdiri dalam keadaan aman
f.    Posisi memegang benda kerja cukup kuat
g.    Badan dalam posisi bebas bergerak

B.     Sikap profesional
Sikap karyawan yang berhubungan dengan konsumen harus profesional. Konsumen harus diberi apa yang mereka butuhkan. Sikap profesional tidak ada yang ditunjukkan dengan pakaian yang rapi, melainkan juga sikap. Profesional berhubungan dengan kualitas usaha, tingkah laku dan komitmen pada pekerjaan. Apabila kalian ingin menjadi karyawan  yang profesional di bidangnya masing-masing, maka ikuti petunjuk berikut ini :
1.     Penampilan profesional
Penampilan merupakan pernyataan seseorang. Bersih, rapi, berpakaian klasik menunjukan bahwa seseorang rapi, teratur, dan bisa menangani tugasnya dalam keahlian dan keterampilan yang sesuai.
2.    Berbicara profesional
Cara kalian berbicara dan penampialan kalian akan menyampaikan suatu pesan. Gaya berbicara menunjukan apakah kalian seorang yang penuh perhatian, atau tidak sabaran, membingungkan, tidak teratur, dan pasti tidak menunjukan profesionalitas.
3.    Mengambil inisiatif sebagaimana layaknya profesional
Salah satu sebab seseorang disebut profesional jika ia bisa mengambil inisiatif. Hanya robot yang tidak pernah belajar dari kesalahan dan tidak pernah meningkatkan kemampuannya. Kalian harus dapat mengambil inisiatif agar semakin memahami pekerjaan dan mengembangkannya.
4.    Bertanggung jawab seperti profesional
Mengakui kesalahan mungkin tanggung jawab yang paling susah diterima, tetapi inilah ciri profesional sejati. Kalian juga harus belajar menerima kritik sebagai sebuah pengalaman belajar. Bila menerima pujian, kalian harus waspada mengkin ada bahaya yang tersembunyi. Pujian bisa membuat orang berhenti belajar.
5.    Bisa diandalkan seperti profesional
Kalian harus bisa mengendalian diri kalian untuk membuat laporan secepatnya, teratur dan berhak memperolah konsentrasi sepenuhnya selama jam kerja. Kegiatan di luar kantor harus tetap berada di luar kantor.
6.    Menerima tanggung jawab sebagai profesional
Profesional selalu mencari tanggung jawab yang memungkinkan mereka terus belajar dan menampilakan keterampilan mereka. Tidak ada cara lain untuk diakui kecuali lewat tanggung jawab.
7.    Dapat dipercaya sebagai profesional
Profesional selalu memelihara dan membangun kepercayaan setiap hari, berusaha meningkatkan kesejahteraan dan citra perusahaan atau karyawan, dan dapat diandalkan untuk memegang rahasia.
8.    Menjamu sebagai profesional
Menjamu seseorang sebagaiman layaknya seorang profesional akan memperoleh perlakuan setimpal untuk dirinya.
9.    Tumbuh seperti seorang profesional
Profesional berkembang tanpa pernah berhenti. Karyawan yang baik adalah mereka yang selalu mencari cara baru untuk belajar dan berkembang.

Sumber :
Melakasanakan Pelayanan prima (Service Excellent).Bekasi:PT GALAXY PUSPA MEGA,2009

No comments:

Post a Comment