Wednesday, April 29, 2015

PEMBANGUNAN EKONOMI REGIONAL



Pembangunan Ekonomi Regional merupakan pembangunan ekonomi yang dilakukan di daerah-daerah pada suatu negara. Pembangunan Ekonomi Regional di negara-negara yang sedang berkembang tidaklah sama dengan Pembangunan Ekonomi Regional di negara maju. Di negara-negara sedng berkembang biasanya menitikberatkan pada sektor pertanian, sedangkan Pembangunan Ekonomi Regional di negara-negara maju menitikberatkan pada sektor industri. Hal tersebut disebabkan karena sudah tersedia/tidaknya sumber daya alam dan sumber daya manusia.
Data tentang perekonomian suatu daerah sangat sukar dikumpulkan sebab perekonomian daerah lebih terbuka dibanding dengan perekonomian nasional. Data tentang aliran-aliran yang masuk dan keluar suatu daerah sangat sukar diperoleh. d) Kekurangan data dan ketersediaan data itupun banyak yang sulit dipercaya sehingga menimbulkan kesulitan untuk melakukan analisis yang memadai tentang keadaan yang memadai tentang keadaan ekonomian suatu daerah.
Masalah pokok dalam pembangunan ekonomi daerah terletak pada penekanan kebijakan-kebijakan pembangunan yang didasarkan pada kekhasan daerah yang bersangkutan, dengan menggunakan potensi sumber daya manusia, kelembagaan dan sumber daya fisik secara lokal.
Tujuan utama ekonomi daerah/regional adalah untuk meningkatkan jumlah dan jenis peluang kerja untuk masyarakat daerah.
Corak Pembangunan Daerah Yang dimaksud dengan Corak Pembangunan Daerah adalah merupakan pola pembangunan yang harus ditempuh oleh suatu daerah dalam suatu kegiatan pembangunan. Dimana pola itu harus sesuai dengan kondisi daerah seperti masalah, kebutuhan dan potensi daerah yang bersangkutan. Perla dan Wingo membedakan tiga tahap pola perkembangan daerah A.S, yakni: 1. Perkembangan pertanian (1840) Pada tahap ini daerah yang mengalami perkembangan ialah daerah yang sangat sesuai dengan usaha pertanian daerah yang dapat menyediakan jasa-jasa untuk perkembangan sektor pertanian. Perkembangan ini terutama didorong oleh karena pertambahan permintaan atas hasil-hasil pertanian dari sektor industri, baik dari dalam dalam maupun luar negeri. 2. Perkembangan pertambangan (1840-1950) Pertambangan besi dan batu bara merupakan pertambangan yang mula-mula berkembang. Sebab kedua jenis bahan tambang ini diperlukan oleh industri baja dan daijadikan sumber energi. Sektor pertambangan sangat besar pengruhnya terhadap perkembangan suatu daerah sebab sektor ini memiliki pengaruh yang baik untuk masa depan.
Referensi :

No comments:

Post a Comment