Wednesday, April 29, 2015

Faktor-faktor Pendorong Industrialisasi



1.      Kondisi dan struktur awal ekonomi dalam negri.
Suatu negara yang pada awal pembangunan ekonomi atau industriliasasinya sudah memiliki industri-industri primer atau hulu seperti besi dan baja, semen, perokimia, dan industri-industri tengah (antara hulu dan hilir), seperti industri barang modal (mesin) dan alat-alat produksi yang relatif kuat akan mengalami proses industrilisasi yang lebih pesat dibandingkan negara yang hanya memiliki indstri-industri hilir atau ringan.
2.      Besarnya pasar dalam negri yang di tentukan oleh kombinasi antar jumlah populasi dan tingkat PN Rill per kapital.
Pasar dalam negri yang besar, seperti Indonesia dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta orang merupakan salah satu faktor perangsang bai pertumbuhan kegiatankegiatan ekonomi, termasuk indusri, karena pasar yang besar menjamin adanya skala ekonomi dan efisien dalam proses produksi (dengan asumsi bahwa faktor-faktor penentu lainya mendukung). Jika pasar domestik kecil, maka ekspor merupakan alternatif satu-satunya untuk mencapai produk oktimal.
3.      Ciri industrilisasi
Yang dimaksud disini adalah antara lain cara pelaksanaan industrilisasi, seperti misalnya tahapan dari implementasi, jenis industri yang diunggulkan, pola pembangunan sektor industri, dan insentif yang diberikan, termasuk insentif kepada investor.
4.      Keberadaan SDA
Ada kecenderungan bahwa Negara-negara yang kaya SDA, tingkat diversifikasi dan laju pertumbuhan ekonominya relatif lebih renda, dan negara tersebut cenderung tidak atau terlambat melakukan industrilisasi atau prosesnya berjalan relatif lebih lambat dibanding negara-negara yang miskin SDA.
5.      Kebijakan strategi pemerintah
Pola inindustrilisasi di negara yang menerapkan kebijakan subtitusi impor dan kebijakan perdagangan luar negri yang protektif (seperti Indonesia terutama selama Ordo Baru hingga krisis terjadi) berbeda dengan di negara yang menerapkan kebijakan promosi ekspor dalam mendukung industrinya.

Sumber :

1 comment: