Ekspor
adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara
lain. Proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil
sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional.
Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan
lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya.
UKM
di Indonesia sangat diharapkan karena memang mempunyai potensi besar sebagai
salah satu sumber penting perkembangan (diversifikasi) dan pertumbuham X,
khususnya X manufaktur. Kemampuan UKM Indonesia untuk merealisasikan potensi
X-nya ditentukan oleh suatu kombinasi dari sejumlah faktor-faktor keunggulan
relatif yang dimiliki UKM Indonesia atas pesaing-pesaingnya, baik dari dalam
usaha besar (UB) maupun luar negeri.
JENIS-JENIS EKSPOR
1. Ekspor Langsung
Ekspor langsung adalah cara mejual
barang atau jasa melalui perantara yang bertempat di negara lain atau negara
tujuan ekspor. Penjualan dilakukan melalui distributor dan perwakilan penjualan
perusahaan. Keuntungannya, produksi terpusat di negara asal dan kontrol
terhadap distribusi lebih baik. Kelemahannya, biaya transportasi lebih tinggi
untuk produk dalam skala besar dan adanya hambatan perdagangan serta
proteksionisme.
2. Ekspor Tidak Langsung
Ekspor tidak langsung adalah teknik
dimana barang dijual melalui perantara negara asal kemudian dijual oleh
perantara tersebut. Dengan menggunakan cara ini, eksporter memiliki kesempatan
untuk.. Melalui, perusahaan manajemen ekspor ( export management comapanies )
dan perusahaan pengekspor ( export trading companies ). Kelebihannya, sumber
daya produksi terkonsentrasi dan tidak perlu menangani ekspor secara langsung.
Kelemahannya, kontrol terhadap distribusi kurang dan pengetahuan terhadap operasi
di negara lain kurang.
TAHAP-TAHAP
EKSPOR
Dalam
perencanaan ekspor, perlu dilakukan berbagai persiapan, berikut 4 langkah
persiapannya:
1.
Identifikasi pasar yang potensial
2. Penyesuaian antara kebutuhan pasar
dengan kemampuan, SWOT analisis
3. Melakukan Pertemuan, dengan
eksportir,agen,dll
4. Alokasi sumber daya
Referensi :
No comments:
Post a Comment