Saturday, October 25, 2014

SEGO PECEL KHAS MADIUN




Nasi pecel merupakan makanan sehat khas Indonesia, lihat saja bahan-bahan pembuatnya.. Terdiri dari kacang-kacangan yang kaya akan Vitamin E, serta sayuran yang mengandung zat besi.
Nasi pecel adalah salah satu makanan favorit saya sewaktu masih tinggal dikampung halaman tercinta Madiun. Walaupun sekarang jarang memakannya karena sudah pindah ke Jakarta dari 10 tahun yang lalu, namun setahun sekali saya bisa memakan makanan ini karena pulang kampung. hehe
Jalan-jalan ke Madiun belum afdol jika tidak mencicipi pecelnya. Makanan berbahan baku sayr-sayuran ini begitu populer di kalangan pelancong karena cita rasanya yang dianggap paling nikmat dibandingkan pecel dari daerah lain.
Hampir seluruh rumah kaki lima hingga restoran selalu menyelipkan nasi pecel dalam daftar menu mereka.
Sepintas menu pecel di sini tak berbeda dengan pecel dari daerah lain. Namun setelah dicermati, komposisi sayurannya sangat lengkap. Mulai dari kacang panjang, bunga turi, petai cina, kemangi, kecambah, kenikir, krai (sejenis timun), bayam, daun ketela, dan daun pepaya. Konsumen bisa memilih sendiri jenis sayuran yang disukai jika alergi pada daun tertentu.

Selain itu, kekuatan cita rasa pecel ini memang lain daripada yang lain. Entah racikan bumbu apa yang ditambahkan, kekuatan kacang dalam kuah yang tak terlalu encer dengan sentuhan jeruk purut cukup ramah di lidah. Apalagi jika ditambahkan peyek dan aneka lauk seperti daging empal, telur ceplok, tahu, tempe, hingga telur asin.
Harga yang dipatok untuk satu porsi mulai dari Rp. 5.000 – Rp. 15.000 tergantung lauk apa yang dipilih.

OJO LALI NEK DOLAN NANG MADIUN MANGAN SEGO PECEL OKE

No comments:

Post a Comment