Saturday, October 25, 2014

Wedang Ronde Khas Jogja






Ngomongin soal kuliner memang gak ada habisnya di Yogyakarta. Salah satunya adalah minuman es atau makanan yang punya nama wedang ronde ini. Rasanya manis dan hangat karena memang menggunakan jahe. Cocok di makan saat malam setelah seharian berjalan-jalan di Yogyakarta.
Jalan-jalan di Yogyakarta, cuma pernah makan gudeg atau nasi kucing? Yah sayang banget. Padahal di Yogya ada loh jajan unik yang namanya wedang ronde. Jajanan ini berbentuk minuman hangat dari air jahe dengan potongan roti, kacang, serta bola-bola yang berasal dari tepung ketan dengan isi kacang tanah gurih. Minuman hangat tradisional khas Jawa ini sangat pas dimakan saat cuaca sedang dingin atau ketika masuk angin.
Rasa dari wedang ronde sendiri memang unik. Minuman ini memiliki rasa manis yang berasal dari gula, hangat dari jahe, serta aroma wangi rempah-rempah yang melegakan. Meskipun sederhana, wedang ronde tetap memiliki rasa yang istimewa. Maka tidak heran, jika wedang ronde banyak membuat ketagihan orang yang sudah mencobanya. Selain enak, wedang ronde juga cocok disantap saat perut terasa kembung atau mual.
Wedang ronde biasa dijual dengan cara berkeliling. Selain di sekitar Malioboro, wedang ronde sangat mudah dijumpai jika kamu pergi ke alun-alun. Sebetulnya wedang ronde sangat mudah ditemui di berbagai sudut kota Yogya. Harganya pun sangat murah, hanya berkisar Rp.5000 saja.

No comments:

Post a Comment