Saturday, October 25, 2014

Rujak Cingur Makanan Khas Jawa Timur



Ada tempat namanya Rujak Cingur Maospati,di Jl. Raya No. 71, Maospati – Magetan Jawa Timur,
Yang jualan Rujak Cingur, Rawon, Nasi Pecel, Es Dawet, dll. Yang sudah pernah ke Madiun biasanya sudah tahu tempatnya, kalau belum tahu coba tengok tempat yag satu ini, rasa petisnya khas tidak ada duanya.
Namanya memang rujak namum bukan seperti di jakarta atau didaerah lainnya yang biasnya berisi buah dengan bumbu gula merah dan cabai, rujak cingur ini memang ada buahnya namun juga ditambahkan dengan sayuran dan bahan lainnya dan lagi bumbu yang digunakan adalah semacam bumbu kacang.
Rujak Cingur ini berbeda dengan rujak cingur lainnya, makanan tersebut sebelum dibuat dibersihkan dahulu sehingga makanpun terasa enak dan lezat. Rujak Cingur adalah perpaduan antara buah-buahan dan sayur-sayuran,dan daging sapi,kemudian
ditambah bumbu petis yang punya cita rasa tersendiri,uniknya bagian yang dipakai dari  sapi ini hanya dari bagian hidungnya saja,mungkin inilah yang menjadi ciri khasnya atau mark of identification,sehingga disebutnya menjadi Rujak cingur, ( Rujak,hidung sapi,irung sapi )
Bahan yang duganakan adalah cingur sapi (hudung sapi), kangkung, tauge, kedondong, nanas, bengkoang, ketimun, lontong, tahu dan tempe.
Tidak jarang orang2 yang berasal dari luar kota mampir dulu ke kota ini, bahkan sering juga robombongan tur yang mampir ketempat ini untuk menikmati makanan khas Madiun yang satu ini, tidak jarang pula artis bahkan pejabat yang mampir ke restoran yang satu ini, jika anda menanyakan tempat penjualan rujak cingur yang satu ini kepada penduduk disana, sudah pasti mereka akan menunjukkan tempat yang satu ini.

No comments:

Post a Comment